Kumpulkan Uang Dari Jamur

Bisnis Jamur Asyik Juga Lho…

Meski belum menjamur seperti namanya, bisnis jamur di Jambi masih terbilang minim. Akan tetapi, bisnis ini sangat menjanjikan bagi orang yang menekuninya secara profesional.

Kelompok badan usaha (BU), Volva Jambi yang bergerak dibidang pengadaan media bibit jamur F4, berlokasi di Jalan Bangka No 55 Rt 03 Rw 01, Perumahan Villa Karya Mandiri, Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muarojambi. Merupakan salah satu kelompok badan usaha yang menyediakan bibir jamur yang cukup di kenal di Jambi.

Kelompok usaha ini telah berdiri sejak 15 Maret 2007, kegiatan utamanya adalah mengkoordinir petani pembudidaya jamur. Ketua kelompok Volva, Alfadri menilai, selain fungsi utamanya sebagai bahan makanan, jamur juga berkasiat menjadi obat. Diantaranya Jamur Tiram, untuk merendahkan kolesterol sehingga dapat mencegah darah tingi dan baik juga di konsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Jamur Merang, berkasiat sebagai anti racun, kurang darah, kanker dan tekanan darah tinggi. Serta, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan aliran darah serta menurunkan kadar kolosterol.

"Jamur ini biasa didapatkan di pasar tradisonal dan setiap mall yang berada di seputaran Kota Jambi," ujar Alfadri.

Dijelaskan Alfadri, jamur merupakan tanaman yang tidak memiliki klorofil sehingga tidak bisa melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanan sendiri. Akan tetapi, jamur hidup dengan cara mengambil zat - zat makanan, seperti sluosa, gukosa, lignin, protein dan senyawa pati dari organisme lain, dengan bantuan enzim yang diproduksi oleh hifa.

"Oleh karna itu jamur digolongkan sebagai tanaman hetrotrofik, yaitu tanaman yang kehidupanya bergantung dengan organisme lain," jelasnya.

Selain itu, jamur memiliki nilai gizi yang tinngi, rasanya hampir menyamai kelezatan daging. Serta kadar lemak jamur lebih rendah sehingga lebih sehat dikosumsi. Jamur juga bisa merubah selulosa menjadi polisakrida yang bebas kolesterol sehingga orang yang mengkonsumsinya terhindar dari resiko terkena serangan stroke.

Sedangkan, gizi - gizi lain yang terkandung dalam jamur antara lain karbohidrat, mineral, kalsium, fasfor dan zat besi serta vitamin B, B1 dan C.***

Tidak ada komentar: